Mikrotik dengan modem ZTE-MF622

Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang cara koneksi  usb modem ztemf622 dengan memanfaatkan mikrotik sebagai router servernya. Langkah2nya seperti berikut:

Mikrotik yang di perlukan untuk koneksi ini menggunakan versi 3.xx karena sudah include usb modem driver untuk HSDPA seperti ZTE-MF622, untuk modem yang lain yang support di mikrotik bisa di lihat di situs wiki mikrotik.

Setelah instalasi mikrotik versi 3.xx seperti diatas berhasil, kemudian tinggal kita setting ip untuk koneksi lokalnya contoh seperti gambar1 berikut:

mikrotik-m2-1

Tancapkan USB modem ZTE-Mf622 kemudian lihat pada system->resources->usb tampilan gambar2 harus seperti berikut yang menandakan bahwa usb modem sudah terdeteksi oleh mikrotik.

mikrotik-m2-2

Jika modem memang sudah terdeteksi, klik pada port kemudian di cek apa usb port sudah terdeteksi juga. Jika baudrate defaultnya belum seperti gambar berikut, langsung di ganti saja di angka 9600bps.

mikrotik-m2-3

Kemudian kita buat dial up ppp client, caranya seperti gambar berikut:

mikrotik-m2-4

mikrotik-m2-5

mikrotik-m2-6
Pada modem init isikan : AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosat”
Jika nanti di perlukan, sebelum perintah modem init di atas, terlebih dahulu di isi dengan : AT+CFUN=1 (perintah at command ini untuk menghidupkan modem)
Port usb dipilih sesuai dengan usb yang terkoneksi dengan modem

  1. Setelah selesai membuat ppp client, tinggal sekarang di enable, kemudian kita cek pada status log mikrotiknya apakah sudah konek authentification nya.
  2. Jika statusnya sudah konek, tinggal kita mengkonfigurasi apa yang diperlukan untuk koneksi lokalnya, sperti rule maquerade dan dns nya.

Demikian sedikit ulasan singkat, kalau ada yng kurang jelas bisa di tanyakan, dan jika aku bisa membantu akan aku jawab.

Sumber: forummikrotik.com dan pengalaman pribadi

2 comments

  1. Kamal says:

    Halo, salam kenal.

    Sy punya kasus, modem USBnya udah kebaca, tapi portnya ga muncul. Bisa bantu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − 31 =