VMWare: Upgrade ESXi 5.5 ke 6.0 menggunakan vSphere PowerCLI 6.3

esxi-vmSebagaimana yang biasa dilakukan untuk upgrade esxi dari versi berapapun pada umumnya menggunakan CD/ISO installer. Ada opsi lain yang bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan CD/ISO installer salah satunya yaitu menggunakan command-line vSphere PowerCLI. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Download dan install terlebih dahulu software vSphere PowerCLI. Untuk bisa berjalan, software ini membutuhkan Windows Management Framework.

2. Download “ESXi Offline Bundle” dengan nama file “update-from-esxi6.0-6.0_update02.zip” disini, sebelumnya harus login dulu dengan account vmware.

3. Ekstrak file “update-from-esxi6.0-6.0_update02.zip” kemudian upload folder hasil ektrak ke datastore host yang akan diupgrade.

4. Buka software VMware vSphere PowerCLI, kemudian konek ke server host esxi yang akan diupgrade dengan perintah berikut, sesuaikan dengan konfigurasi server anda.

update-vm-1

5.  Jika dalam koneksi awal langkah 4 diatas terjadi error yang tidak semestinya, silahkan jalankan beberapa perintah berikut:

6. Sebelum upgrade, masuk terlebih dahulu ke esxi host yang akan diupgrade, klik kanan “Enter Maintenance Mode“. Fungsinya agar semua vm yang ada tidak dalam kondisi On.

7. Lanjutkan dengan perintah upgrade, sesuaikan hostpath dengan folder “update-from-esxi6.0-6.0_update02” hasil ektrak yang sudah diupload.

update-vm-27. Jika proses upgrade berhasil maka akan tampak seperti berikut.

update-vm-38. Langkah terakhir reboot esxi host dengan perintah:

Selamat, VMWare esxi sudah berhasil diupgrade ke versi 6.0.

Referensi sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 66 = 71